PENGERTIAN
DESAIN & PEMODELAN GRAFIK
Pembahasan
Desain
Penggunaan istilah
design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong untuk
bangunan) serta di awal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur
dengan seni dan kriya. Di mana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir
untuk membentuk ekpresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan
pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu
pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada
nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang
memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni
rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll
Prinsip
Desain
Secara garis besar, ada
tujuh prinsip di dalam dunia desain yaitu:
- Keseimbangan
- Kesatuan
- Perbandingan
- Urutan
- Irama
- Skala
- Fokus
Metode
Desain
Metode desain adalah
suatu cara yang dilakukan oleh desainer untuk menghasilkan suatu karya desain.
Beberapa metode yang umum digunakan, antara lain:
Explosing
yaitu mencari inspirasi dengan berpikir secara kritis untuk menghasilkan suatu
desain yang belum pernah diciptakan.
Redefining
yaitu mengolah kembali suatu desain agar menjadi bentuk yang berbeda dan lebih
baik.
Managing
yaitu menciptakan desain secara berkelanjutan dan terus-menerus.
Phototyping
yaitu memperbaiki dan atau memodifikasi desain warisan nenek moyang.
Trendspotting
yaitu membuat suatu desain berdasarkan tren yang sedang berkembang
Desain Pemodelan
Grafik
Desain
pemodelan grafik terbagi menjadi tiga kata, yaitu DESAIN, PEMODELAN, dan GRAFIK.
Desain
adalah sebuah karya seni terapan, arsitektur, dan pencapaian kreatif lainnya
yang akan dirancang oleh manusia.
Pemodelan
adalah suatu pola yang akan dibuat atau dirancang dengan menghasilkan suatu
objek.
Grafik
merupakan suatu perwujudan dari simbol dan huruf yang menjadi sebuah gambar
yang akan menghasilkan sebuah karya yang akan diproses melalui pencetakan.
PRINSIP & UNSUR DESAIN GRAFIK
Prinsip Desain Pemodelan Grafik:
- Kesederhanaan
Banyak
pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.
- Keseimbangan
Keseimbangan
adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan
menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.
- Kesatuan
Kesatuan
adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok
dari komposisi.
- Penekanan (aksentuasi)
Penekanan
dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan
membaca bagian desain yang dimaksud.
- Irama (repetisi)
Irama
merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan
interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.
Unsur Desain Pemodelan Grafik:
- Garis (Line)
Sebuah
garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan
titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau
lurus (straight).
- Bentuk (Shape)
Bentuk
adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
Huruf
(Character) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan
untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual
langsung, seperti A, B, C, dsb.
- Simbol (Symbol)
Direpresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk
benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol atau
lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gambar orang,
bintang, matahari dalam bentuk sederhana (simbol), bukan dalam bentuk nyata
(dengan detail).
- Bentuk Nyata (Form)
Bentuk ini betul-betul mencerminkan kondisi fisik dari suatu
obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau benda lainnya.
- Tekstur (Texture)
Tekstur
adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan
cara dilihat atau diraba.
- Ruang (Space)
Ruang
merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain
dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain
grafis.
- Ukuran (Size)
Ukuran
adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.
- Warna (Color)
Warna
merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa
menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari
bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.
PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIK DARI
BERBAGAI MEDIA
Seiring perkembangan zaman dalam
dunia desain grafis sekarang ini sudah sangat berkembang pesat dengan
menghasilkan gambar-gambar dengan kualitas yang baik. Dengan menggunakan
software yang telah diciptakan oleh para programer para editor sekarang sudah
mudah dalam melakukan pembuatan desain.
PENGARUH KEBUDAYAAN &
TEKNOLOGI DALAM MEMBUAT DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Pengaruh
Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafik
Kebudayaan
Desainer
menggunakan berbagai cara untuk menyampaikan artinya, dan sering kali
memanfaatkan norma-norma budaya bersama, nilai-nilai, sejarah dan bahasa.
Penggunaan simbol atau tokoh heroik dari masa lalu untuk mendukung atau
mewakili sudut pandang atau kualitas tertentu. Selain itu, kebudayaan yang
digunakan dalam desain pemodelan grafis secara tidak sengaja telah memberitahukan
jati diri desainernya.
Teknologi
Desain
grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai
tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga
mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan,
yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan
desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
BIDANG STUDI YANG BERKAITAN
DENGAN DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Teknik Elektronika
Ilmu
ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer.
Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak
terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi
perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem
aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang
utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.
Psikologi
Psikologi
perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia,
persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model
proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam
metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia.
Pengalaman
psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif
dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.
Ergonomi
Ergonomi
dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan
didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat
kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek
fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
Ilmu Bahasa
Komunikasi
manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis
bahasa, apakah bahasa itu merupakan
‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu,
pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran
mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori
formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam
spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi
matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia
Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi
jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
Antropologi
Antropologi
(Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer.
Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di
kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam
aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim
kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
MANFAAT DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Bidang Pendidikan
Grafik
komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada
siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan
penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua
materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk
dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar
kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
Bidang Hiburan
Tidak
memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan
grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron
sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa
efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
Bidang Perancangan
Pada
bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model
objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur
bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis
seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik
dalam perancan gan yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga
akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
Bidang Keuangan
Dalam
bidang ini desain berguna untuk melakukan perhitungan pengeluaran pemasukan biaya yang dibutuhkan
dan dipakai untuk melakukan perhitungan penggajian.
Bidang Pemerintahan
SUMBER:
Sayamanusia.,"Desain Pemodelan Grafik", http://sayamanusia-kukubima.blogspot.co.id/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html, Oktober 2015
Wikipedia.,"Desain Grafis", https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis, Oktober 2015
Eveevania.,"Pengertian Desain dan pemodelan Grafik",http://eveevania.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html, Oktober 2015
Tidak ada komentar :
Posting Komentar